Minggu, 22 Maret 2020

TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DAN 4


MATERI PEMBELAJARAN KELAS 1A
HARI DAN TANGGAL : SENIN,  23 MARET 2020
KELAS : 1A

A.    PEMBELAJARAN PERTAMA : TEMATIK
TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DAN 4
PERISTIWA SIANG DAN MALAM

PEMBELAJARAN 3
Banyak permainan yang dapat dilakukan saat siang hari.
Jika matahari terasa menyengat kalian bisa bermain di dalam rumah
Jika udara terasa sejuk, kalian bisa bermain di luar rumah
Permainan apa saja ya yang bisa dilakukan di dalam rumah?


MENGHITUNG MENGGUNAKAN ALAT UKUR TIDAK BAKU
Udin dan Beni sedang bermain layang-layang
Udin dan Beni mengukur panjang tali layang-layang menggunakan jengkal tangan
Panjang tali layang-layang Udin = 30 jengkal Udin
Panjang tali layang-layang Beni = 20 jengkal Udin
Tali layang-layang Udin lebih panjang daripada tali layang-layang Beni
Dalam bersikap sehari-hari  kita harus benar
Bersikap adil kepada teman-teman
Selalu berbuat baik kepada sesama
Sikap ini sesuai dengan sila kelima pancasila
Kapas melambangkan kelembutan dan kebaikan
Warna putihnya melambangkan kebenaran

Pembelajaran 4!
Selesai bermain layang-layang
Udin mengajak Beni dan kawan-kawan bermain music
Bermain music menggunakan gelas dan air
Edo mengatur gelas berjejer
Kemudian, Edo mengisi gelas dengan jumlah air yang berbeda
Edo memukul gelas yang diisi air menggunakan sendok

B.    LATIHAN SOAL TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DAN 4
Petunjuk: Peserta didik atau siswa mengerjakan soal latihan dibawah ini, pada buku latihan yang ada di rumah, soal ditulis menngunakan tegak bersambung beserta jawabannya! Jangan lupa untuk menuliskan hari dan tanggal serta bismillah!

1.      Hitunglah panjang benda-benda dirumahmu menggunakan alat ukur tidak baku yaitu jengkal!
a.     Panjang tali sepatu = ……  jengkalmu
b.     Panjang penggaris = ……  jengkalmu
c.     Panjang ikat pinggang = ……  jengkalmu
d.     Panjang telivisi = ……  jengkalmu
e.     Panjang lengan kirimu = ……  jengkalmu

2.     Yuk kita melakukan permainan didalam rumah!
Petunjuk:
Bermain musik menggunakan gelas dan air
kita mengatur gelas berjejer
Kemudian, kita  mengisi gelas dengan jumlah air yang berbeda
kita memukul gelas yang diisi air menggunakan sendok
pertama kita memukul gelas yang diisi air yang penuh
lalu kita memukul gelas yang diisi air lebih sedikit
dari gelas dan air akan terdengar nada-nada
ada nada tinggi
ada juga nada rendah
SERTAKAN FOTO KETIKA KALIAN MEMBUAT DAN MEMAINKAN PERMAINAN INI YA!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 1, subtema 2, pembelajaran 3